MENIKMATI KEINDAHAN TAMAN HUTAN BATU KARST DI RAMANG-RAMANG

Menikmati Keindahan Taman Hutan Batu Karst Di Ramang-Ramang  


Menikmati Keindahan Taman Hutan Batu Karst Di Ramang-Ramang

AdeevaTravel-Menyambut liburan akhir tahun, Rasanya tak perlu jauh-jauh harus ke luar negeri. Karena di Indonesia memiliki banyak keanekaragaman destinasi wisata yang sangat menarik dan menakjubkan.

Salah satunya adalah Tempat Wisata Pegunungan Kapur  yang terletak di desa Ramang-Ramang, Maros, Sulawesi Selatan.

Menikmati Keindahan Taman Hutan Batu Karst Di Ramang-Ramang

Menikmati Keindahan Gua Karst di Ramang-Ramang memang sangat menakjubkan. Objek wisata di Ramang-Ramang yang berada di Gugusan Pegunungan Kapur (Karst) Maros-Pangkep tepatnya berada di desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros propinsi Sulawesi Selatan. 

Tempat wisata yang hanya berjarak 40 km dari kota Makassar ini dapat di tempuh melalui jalur darat dengan mengendarai kendaraan roda empat atau roda dua dalam waktu tempuh sekitar 2 jam.

Objek Wisata Alam Ramang-Ramang adalah sebuah objek wisata alam dengan deretan Pegunungan Kapur (Karst) Ramang-Ramang yang membentang sepanjang 4750 hektar di antara Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep. 

Taman Hutan Batu Kapur

Dengan warna hitam, Pegunungan kapur ini terlihat unik. Di padu dengan sungai yang mengalir jernih serta areal persawahan warga menjadikan tempat ini sangat menakjubkan. 

Bagi Anda yang menyukai keindahan alam, Kunjungilah Pegunungan Kapur ini. Di sini kamu akan menemukan 400 gua karst. Dari 400 gua karst tersebut baru 39 gua saja yang sudah di exsplor oleh manusia. Itupun demi tujuan penelitian. 

Perlu Anda ketahui bahwa gua-gua karst di desa Ramang-ramang adalah rumah bagi para manusia gua yang hidup di masa lalu. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya lukisan gua tertua di dunia di tempat ini.

Taman Hutan Batu Kapur

Selain keberadaan gua-gua karst yang sangat menakjubkan, Tempat Wisata Ramang-Ramang juga dilengkapi dengan sungai-sungai yang sangat jernih airnya. Cobalah menyewa perahu dengan penduduk setempat dan susurilah sungai-sungai ini, Anda akan menyaksikan keindahan yang sangat menakjubkan dari Batu Karst di sepanjang tepian sungai.

Hal ini juga yang membuat UNESCO menganuhgerahkan gelar World Heritage Site pada kawasan Pegunungan Kapur (Karst) Ramang-Ramang, Maros sebagai Lokasi Pegunungan Karst terindah di dunia. 

Lukisan Gua Tertua

Masih banyak lagi tempat wisata di Kawasan Pegunungan Karst Ramang-Ramang ini yang dapat Anda temukan seperti Taman Hutan Batu Kapur, Telaga Bidadari, Gua Bulu Barakka, Gua Telapak Tangan, Gua Pasaung serta Wisata Sungai Pute beserta Kampung Benoa.

Perlu Anda ketahui bahwa Taman Hutan Batu Kapur Ramang-Ramang ini satu-satunya yang ada di Indonesia dan terluas ketiga di dunia setelah Taman Hutan Batu Tsingy di Madagaskar dan Taman Hutan Batu Shilin di Cina.  

1 Response to "MENIKMATI KEINDAHAN TAMAN HUTAN BATU KARST DI RAMANG-RAMANG"