MENELUSURI 10 PANTAI TERBAIK DI JAWA TIMUR

Menelusuri 10 Pantai Terbaik Di Jawa Timur  


AdeevaTravel - Berwisata ke pantai memang menjadi salah satu pilihan untuk melepas penant dan stres dari aktivitas kerja sehari-hari. Pantai dipilih untuk menjadi tujuan wisata karena kita ingin menyatukan diri dengan alam. Di Jawa Timur banyak memiliki tempat wisata pantai yang menarik dengan panorama pantai yang sangat indah. Selain itu di Jawa Timur memiliki salah satu pantai yang  ombaknya salah satu yang terbaik di dunia. Yaitu Pantai Plengkung atau Pantai G Land yang berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur atau Papuma Beach di Kabupaten Jember yang memiliki panorama pantai yang sangat menakjubkan dengan pasir putihnya.

Berikut 10 Pantai Terbaik Di Jawa Timur sebagai referensi buat Anda yang berencana menikmati liburan di Jawa Timur.

1. Pantai Klayar, Pacitan 



Pantai Klayar, Pacitan

Pantai Klayar adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak di Desa Kalak, Kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timut. Di pantai ini Anda dapat menikmati keindahan pantai dengan pasir putihnya yang sangat lembut, batu karang serta tebing batu yang mengelilingi pantai ini. 

Di Pantai Klayar ini Anda juga dapat menyaksikan fenomena unik yaitu adanya sebuah celah di batu karang yang apabila ada ombak besar datang kebawah celah batu akan menyembur ke atas menjadi sebuah air mancur raksasa yang dapat mencapai ketinggian hingga 10 meter yang diiringi dengan suara mirip siulan yang banyak orang menyebutnya Seruling Laut.

Bukan itu saja, Di sebelah timur dari pantai ini Anda juga dapat menikmati keindahan deretan tebing karang raksasa yang mirip dengan Sphinx.

 2. Pantai Plengkung, Banyuwangi


Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung atau yang lebih dikenal dengan sebutan Pantai G-Land adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur.

Pantai yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia ini memiliki ombak yang sangat besar. Sehingga pantai ini menjadikan pantai terbaik dan paling menantang buat para peselancar kelas dunia. Ombaknya yang panjang, tinggi dan berkecepatan tinggi dan juga dapat membentuk tabung ombak yang cukup sempurna menjadikan tempat ini sebagai tempat yang sempurna bagi Anda yang mempunyai hobi Surfing.

3. Pantai Tambakrejo, Blitar 


Pantai Tambakrejo, Blitar

Pantai Tambakrejo adalah sebuah pantai wisata yang terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pantai yang cukup bersih dengan pasir putihnya yang lembut,  pemandangan alam yang sangat alami serta ombak lautnya yang tidak terlalu besar menjadikan pantai ini tempat wisata pantai menarik buat Anda dan keluarga.

Di pantai ini Anda juga dapat menyaksikan Budaya Larung Sesaji yang diadakan setiap bulan Oktober setiap tahunnya. Soo, jangan lewatkan berlibur di Pantai Tambakrejo, Blitar untuk Anda dan keluarga. 

4. Pantai Popoh, Tulungagung


Pantai Popoh, Tulungagung

Salah satu pantai terbaik di Jawa Timur adalah Pantai Popoh. Pantai yang terletak di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur ini menyimpan pesona keindahan laut yang tak kalah menarik dari pantai-pantai wisata lainnya di Pulau Jawa.

Di pantai ini Anda dapat menikmati keindahan Pantai Popoh dengan gulungan ombaknya yang besar dari atas bukit. Apa lagi jika hari menjelang senja, Anda dapat menikmati keindahan sunset yang sangat menakjubkan dari atas bukit di pantai ini.  



5. Pantai Delegan, Gresik


Pantai Delegan, Gresik

Pantai Degelan adalah sebuah pantai wisata yang terletak di Desa Degelan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Pantai dengan luas sekitar 2,5 km memiliki pasir berwarna putih serta ombak yang tidak terlalu besar sehingga aman untuk berenang di pantai ini. 

Pantai dengan pemandangan yang sangat luar biasa indah, pasir putih yang lembut serta angin yang sepoi-sepoi menjadikan liburan Anda sangat menyenangkan bersama keluarga. 

6. Papuma Beach, Jember

Papuma Beach, Jember


Pantai Papuma adalah salah satu pantai terbaik di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pantai yang terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan atau berjarak sekitar 45 km arah selatan kota Jember menawarkan nuansa pemandangan pantai yang sangat indah untuk di kunjungi.

Pantai dengan pasir putih yang sangat bersih dan indah berkilau memungkinkan Anda untuk berjemur di atas pasir sambil menunggu senja menikmati suasana sunset yang sangat menakjubkan. Selain keindahan alam pantainya yang menakjubkan, Di pantai ini juga kaya akan faunanya seperti keberadaan Biawak, Ayam Alas, Trenggiling, Rusa, Landak  serta burung-burung dari berbagai jenis.  

7. Pantai Balekambang, Malang


Pantai Balekambang, Malang

Pantai Balekambang adalah sebuah pantai wisata yang terletak di tepi Samudera Indonesia tepatnya berada di Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Dengan panorama pantai yang sangat indah serta gelombang ombak yang memanjang hampir 2 kilometer ditambah hamparan pasir putih yang sangat bersih dan berkilau menjadikan pantai ini tempat yang sangat cocok bagi Anda dan keluarga untuk berlibur dan bersantai.

Selain sebagai pantai wisata, Di Pantai ini Anda juga dapat menikmati Wisata Religi. Karena pada hari-hari tertentu ribuan pengunjung datang ke pantai ini untuk melakukan ziarah kubur ke makam Syaikh Abdul Jalil, orang pertama yang membabat pantai balekambang serta mempunyai ilmu agama yang cukup tinggi serta mempunyai pengaruh yang cukup kuat bagi masyarakat sekitar.

Selain sebagai tempat Wisata Religi bagi Ummat Islam, Pantai Balekambang juga sering digunakan sebagai Wisata Religi bagi Umat Hindu. Tepatnya setiap menyambut Hari Raya Nyepi, Lokasinya di Pura Amarta Jati yang berada di Pulau Ismoyo yang berjarak sekitar 70 meter dari Pantai Balekambang.

8. Pantai Lombang, Madura


Pantai Lombang, Madura

Pantai Lombang adalah pantai wisata yang terletak di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Pantai Lombang merupakan salah satu pantai terbaik di Jawa Timur. Dengan deburan ombak yang sangat tenang serta hamparan pasir putih yang sangat luas, Anda juga akan disuguhi dengan rimbunnya pohon cemara udang yang berjejer mengikuti garis pantai.

Bagi Anda yang ingin bermalam di pantai ini, Anda dapat mendirikan tenda di sepanjang bibir pantai karena di tempat ini belum ada hotel yang tersedia. 

9. Pantai Karanggongso, Trenggalek


Pantai Karanggongso, Trenggalek

Pantai Karanggongso ini terletak di Desa Tasikmadu, Kecamatan Watulimo, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Pantai ini merupakan pantai terbaik yang ada di Trenggalek, Jawa Timur. Selain memiliki panorama yang sangat indah, pasir putih yang sangat bersih dan lembut, pantai ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap, akses yang mudah di jangkau serta letaknya berdekatan dengan pantai-pantai lainnya di Trenggalek seperti Pantai Prigi, Pantai Pasir Putih, Pantai Mbako'an, Pantai Watu Luyu dan Pantai Cengkrong. 

Pemandangannya ke arah lautnya memanjakan mata. Terdapat deretan pegunungan yang membentang seakan ingin menutupi pemandangan laut selatan jawa. Terdapat pula satu dermaga sederhana yang menjadi Landmark atau Icon pantai Karanggongso.  Dermaga tersebut sering dijadikan ajang tempat foto-foto atau sekedar menikmati pemandangan pantainya.

Yang tak kalah menariknya dari Pantai Karanggongso ini adalah Anda dapat menikmati fartamorgana senja saat mentari kembali ke peraduannya. Suasana Sunset dipantai ini memang sangat menakjubkan.     

10. Pantai Pulau Merah, Banyuwangi



Pantai Pulau Merah, Banyuwangi

Pulau Merah atau Pulo Merah adalah sebuah objek wisata pantai yang terletak di Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini menjadi terkenal karena adanya sebuah bukit hijau bertanah merah yang berada di bibir pantai. Bukit ini dapat dikunjungi dengan berjalan kaki tatkala air laut sedang surut. Di pulau ini juga terdapat sebuah Pura untuk mengadakan upacara Mekiyis bagi Umat Hindu.

Pantai dengan pasir putih yang membentang sekitar 3 kilometer ini, serta deburan ombaknya yang cukup menantang menjadikan pantai ini tempat yang ideal bagi Anda yang hobi berselancar (Surfing). 

Menurut Presiden INSA atau Asosiasi Selancar Indonesia, Pemandangan dan deburan ombak yang tinggi di kawasan wisata Pantai Pulo Merah merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia.

Nah itulah 10 Pantai Terbaik Di Jawa Timur dan mungkin masih banyak lagi pantai-pantai terbaik lainnya di Jawa Timur yang belum kami tampilkan. Semoga keberadaan pantai-pantai ini menjadi referensi bagi Anda yang berencana untuk menikmati liburan bersama keluarga khususnya dengan tujuan wisata di Jawa Timur.   

2 Responses to "MENELUSURI 10 PANTAI TERBAIK DI JAWA TIMUR"