MENELUSURI MUSEUM ANGKUT BATU MALANG

Menelusuri Museum Angkut Batu Malang  


Museum Angkut Batu Malang

AdeevaTravel - Jumlah kunjungan wisatawan ke kota Batu Malang merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Objek wisata di kota ini sangat beragam. Dari mulai Wisata Sejarah, Wisata Alam, Wisata Pendidikan, Wisata Kuliner hingga Wisata Budaya. Salah satunya adalah Museum Angkut.

Museum Angkut merupakan sebuah tempat wisata yang memiliki konsep unik dan menarik. Museum yang dibuka pada tanggal 9 Maret 2014 ini terletak di Jalan Terusan Sultan Agung Atas Nomor 2, Batu Malang, Jawa Timur.

Dengan luas lahan sekitar 3,7 hektar, Museum Angkut menjadi tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema transportasi. Museum ini dibangun sebagai tanda apresiasi untuk perkembangan dunia transportasi Indonesia dan mancanegara.

Di museum ini Anda dapat menyaksikan berbagai macam model transportasi dari mulai menggunakan tenaga hewan hingga sampai menggunakan teknologi canggih.

Selain mendapatkan informasi tentang dunia transpormasi, Di Museum Angkut ini juga sering diadakan pameran , event komunitas, kompetisi modifikasi mobil hingga pengambilan foto prewedding dan pengambilan video klip.

Di museum angkut ini Anda dapat menelusuri zona-zona yang tersedia seperti :

Zona Hall Utama


Museum Angkut Batu Malang


Ruangan ini adalah ruangan pertama yang akan Anda kunjungi. Di ruangan ini banyak terdapat berbagai macam koleksi alat angkut dari berbagai negara dan masa yang didukung dengan hiasan lampu yang terkesan sangat elegant. 

Zona Edukasi 


Museum Angkut Batu Malang

Zona Edukasi seluas 900 meter persegi ini adalah sebuah zona yang menyediakan informasi mengenai sejarah perkembangan transportasi dari masa ke masa baik di Indonesia maupun dunia.

Zona Sunda Kelapa Dan Batavia


Museum Angkut Batu Malang

Berbagai jenis alat transpormasi masa lalu dapat Anda saksikan di zona ini. Selain itu di zona ini juga terdapat replika Pelabuhan Sunda Kelapa lengkap dengan kapal-kapalnya serta toko-toko dengan ejaan Belanda.

Zona Jepang


Museum Angkut Batu Malang

Di Zona ini Anda dapat menyaksikan semua alat transpormasi yang berasal dari negri Jepang seperti Honda, Suzuki, Yamaha, Kawasaki dan yang lainnya. 
Zona Uni Eropa

Museum Angkut Batu Malang

Di Zona Uni Eropa, Anda bisa menyaksikan alat-alat transpormasi buatan negara-negara Uni Eropa seperti dari Inggris, Jerman, Perancis atau Italia.

Di area Inggris, Anda dapat menyaksikan mobil-mobil buatan Inggris dan juga mobil kuno yang digunakan Ratu Elizabeth II. Selain itu Anda juga bisa membawa anak anak untuk bermain di taman bunga yang berada di depan replika Buckingham Palace.

Zona Hollywood


Museum Angkut Batu Malang

Zona Hollywood menjadi salah satu zona favorit di tempat wisata ini. Di sini, Anda bisa melihat berbagai transportasi yang ada di film-film Hollywood seperti Batmobile dan mobil Scooby Doo. Satu lagi yang menarik perhatian adalah patung Hulk. Raksasa berwarna hijau ini terbuat dari onderdil mobil dan motor bekas. Patung ini digambarkan sedang menginjak sebuah mobil sampai hancur dengan sebelah kakinya.

Satu lagi yang tak ketinggalan adalah bukit Hollywood yang tersohor itu.Di tempat ini Anda dapat mengambil gambar dengan background bukit Hollywood yang sangat menarik.

Zona Gangster Dan Broadway


Museum Angkut Batu Malang

Di Zona ini Anda akan diajak masuk ke dalam dunia gangster dan broadway yang hits di tahun 1970an. Suasana di Zona ini diatur sedemikian rupa sehingga Anda seperti berada di kota yang sama dengan Al Capone, seorang gangster ternama di zamannya.

Zona Afiliasi & Flight Simulator


Museum Angkut Batu Malang
 
Persembahan terbaru untuk membuat mimpi menjadi seorang pilot semakin nyata. Zona Afiliasi terdapat Aircraft dan Family Car dengan latar belakang Gunung Arjuna. Flight Simulator merupakan simulasi menerbangkan pesawat yang didesain langsung di dalam Pesawat Boeing 737 seri 200. Anda juga dapat berfoto bersama keluarga di dalam kabin pesawat.

Zona Bioskop Sejarah Alat Angkut & Alat Angkut Masa Depan, Zona Fascinating Stamp, Zona Worldwide Money

Museum Angkut Batu Malang

Wujud kepedulian Museum Angkut terhadap pendidikan di Indonesia dengan menampilkan pembelajaran tentang sejarah alat angkut & alat angkut masa depan dalam sebuah bioskop mini. Penyajian ragam perangko dan mata uang dunia yang maskulin melengkapi zona baru Museum Angkut.

Selain Museum Angkut, Di tempat ini juga terdapat Museum Topeng yang menyimpan sekitar 2.000 koleksi topeng dari seluruh nusantara. Selain topeng, Museum ini juga mengoleksi benda-benda antik yang terbuat dari keramik atau wayang serta Alqur'an kuno yang terbuat dari kulit hewan.

Museum Angkut Batu Malang

Setelah lelah menyaksikan aneka alat transportasi dan benda-benda antik yang ada di Museum Angkut, Kini saatnya Anda untuk menikmati keberadaan Pasar Apung yang ada di sekitar Museum Angkut.

Disebut Pasar Apung karena memang suasana di sini mirip dengan Pasar Apung yang ada di Kalimantan. Proses jual beli barang dilakukan diatas perahu yang mengapung. 

Berbagai souvenir dan merchandise Museum Angkut serta oleh- oleh khas Nusantara UKM Batu ada disini. Makanan khas tradisional turut meramaikan suasana pasar tempo dulu dan nuansa pasar apung. Berbagai kerajinan dan lukisan gaya seniman Kota Batu seperti seni batik, lukis, ukir, karikatur, dan lain-lain dapat dipelajari sekaligus berinteraksi langsung dengan para seniman dan membawa hasil karya seni anda pulang kerumah.

Untuk dapat masuk ke Museum Angkut, Anda diharuskan untuk membayar tiket sebesar Rp. 60.000,- pada hari biasa dan Rp. 80.000,- pada akhir pekan atau hari libur.

Selain membayar tiket untuk diri Anda sendiri, Di Museum Angkut juga berlaku Tiket Kamera. Dimana semua jenis kamera seperti, DSLR, Polaroid, Handycam atau Kamera Digital dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 30.000,-/kamera.



Sumber:museumangkut.com

0 Response to "MENELUSURI MUSEUM ANGKUT BATU MALANG"

Posting Komentar