10 PRIORITAS DESTINASI WISATA INDONESIA 2016

10 Prioritas Destinasi Wisata Indonesia 2016  


AdeevaTravel - Untuk mencapai target kunjungan Wisatawan Mancanegara sebesar 12 juta orang pada tahun 2016, Pemerintah Indonesia melalui Menteri Pariwisata mempersiapkan 10 Destinasi Wisata Unggulan  yang akan menjadi prioritas kunjungan wisatawan mancanegara di tahun 2016 ini. Kesepuluh Destinasi Wisata yang menjadi prioritas utama adalah sebagai berikut.

1. Danau Toba


Danau Toba

Danau Toba adalah sebuah Danau Vulkanik sepanjang 100 km dan lebar 30 kilometer yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Danau ini merupakan Danau Terbesar di Indonesia dan juga Asia Tenggara yang ditengahnya terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir.



Danau  yang masih merupakan wisata andalan Sumatera ini diharapakan pada tahun 2016 dapat mendatangkan Wisatawan lebih banyak lagi.

2. Pantai Tanjung Kelayang


Pantai Tanjung Kelayang

Pulau Belitung memang terkenal dengan objek wisata pantainya yang indah dan eksotis. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Kelayang. Pantai yang terletak di Kecamatan Sijuk yang berjarak 27 km dari kota Tanjungpandan. Pantai seluas 60 hektare ini memiliki pemandangan pantai yang sangat indah. Di pantai ini Anda juga bisa bermain kayak dan snorkeling. Tak hanya itu di pantai ini juga terdapat Kelayang Beach Cottage dan Kelayang Resto. 

3. Kepulauan Seribu


Kepulauan Seribu

Selain dikenal sebagai Resort Island, Kepulauan Seribu juga merupakan Taman Nasional Laut. Dengan luas wilayah sekitar 107.489 hektare serta sekitar 44 pulau masuk kedalam Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu. Taman Laut yang terletak di Utara Jakarta ini diharapkan dapat mendatangkan wisatawan lebih banyak lagi di tahun 2016 ini.

Di tempat ini Anda dapat melakukan kegiatan snorkeling, berenang atau menyelam sambil menikmati pemandangan pantai yang sangat eksotis dan menakjubkan. 

4. Pantai Tanjung Lesung


Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung adalah sebuah wisata pantai yang sangat indah dan menakjubkan yang terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Indonesia.

Pantai seluas 1.500 hektare ini menawarkan hamparan pasir putih yang sangat bersih dan alami yang sangat cocok untuk Anda berjemur, berenang atau melakukan kegiatan olahraga pantai lainnya. Dengan ombaknya yang tidak terlalu besar memungkinkan untuk Anda untuk bermain jetsky, snorkeling, berperahuatau memancing.

5. Candi Borobudur


Candi Borobudur

Borobudur adalah sebuah Candi Budha terbesar di dunia yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Candi berbentuk stupa yang didirikan sekitar abad ke-8 pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra ini menjadi Prioritas Kunjungan Wisatawan di tahun 2016.

Borobudur merupakan mahakarya seni rupa Buddha Indonesia, sebagai contoh puncak pencapaian keselarasan teknik arsitektur dan estetika seni rupa Buddha di Jawa. Bangunan ini diilhami gagasan dharma dari India, antara lain stupa, dan mandala, tetapi dipercaya juga merupakan kelanjutan unsur lokal; struktur megalitik punden berundak atau piramida bertingkat yang ditemukan dari periode prasejarah Indonesia. Sebagai perpaduan antara pemujaan leluhur asli Indonesia dan perjuangan mencapai Nirwana dalam ajaran Buddha  

6. Bromo, Tengger, Semeru


Bromo, Tengger, Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah taman nasional di Jawa Timur, Indonesia, yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman yang bentangan barat-timurnya sekitar 20-30 kilometer dan utara-selatannya sekitar 40 km ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha.


Di kawasan ini terdapat kaldera lautan pasir yang luasnya ±6290 ha. Batas kaldera lautan pasir itu berupa dinding terjal, yang ketinggiannya antara 200-700 meter.

Taman nasional ini adalah salah satu tujuan wisata utama di Jawa Timur. Dengan adanya penerbangan langsung Malang-Jakarta dan Malang-Denpasar diharapkan jumlah kunjungan wisatawan asing maupun domestik akan semakin meningkat. Selain Gunung Bromo yang merupakan daya tarik utama, Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa menjadi daya tarik tersendiri bagi para pendaki. Meski demikian untuk sampai ke puncak Semeru tidaklah semudah mendaki Gunung Bromo dan para pendaki diharuskan mendapat izin dari kantor pengelola taman nasional yang berada di Malang.

7. Mandalika


Mandalika

Mandalika Lombok adalah tempat perlindungan alam dan asli yang merupakan salah satu tempat di dunia yang paling unik. Sebuah tempat di mana seni dan budaya lokal yang dirayakan dan berdiri sebagai alat abadi untuk belajar dan menemukan tentang budaya Lombok.

Mandalika yang berada di NTB ini menjadi prioritas kunjungan wisatawan. Pasalnya di kawasan ini tengah dibangun resort bertaraf internasional. Tak hanya itu, untuk mendukung aktivitas pariwisata, kawasan ini juga telah dibangun infrastruktur yang memudahkan wisatawan.

8. Taman Nasional Wakatobi


Taman Nasional Wakatobi

Taman Nasional Wakatobi merupakan salah satu dari 50 taman nasoinal di Indonesia, yang terletak di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara. Taman nasional ini ditetapkan pada tahun 2002, dengan total area 1,39 juta ha, menyangkut keanekaragaman hayati laut, skala dan kondisi karang; yang menempati salah satu posisi prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia. 

Di taman ini terdapat panorama keindahan alam bawah laut yang memiliki 25 buah gugusan terumbu karang. Gugusan terumbu karang dapat dijumpai sekitar 112 jenis dari 13 famili yang terletak pada 25 titik di sepanjang 600 km garis pantai. Di samping keindahan yang disajikan oleh beraneka ragam terumbu karang, taman tersebut juga memiliki ragam spesies ikan. Kekayaan jenis ikan yang dimiliki taman nasional ini sebanyak 93 jenis ikan konsumsi perdagangan dan ikan hias 

Tidaklah salah jika Wakatobi menjadi Destinasi Wisata yang diprioritaskan pada tahun 2016 ini oleh Pemerintah Indonesia. 

9. Pulau Morotai


Pulau Morotai

Banyak orang bilang, Morotai adalah 'Surga di Timur Indonesia'. Hal ini mengacu pada kekayaan bawah lautnya, dengan lebih dari 25 titik penyelaman yang menyuguhkan keindahan tiada tara. Ada Tanjung Wayabula, Dodola Point, Batu Layar Point, Tanjung Sabatai Point, hingga Saminyamau. Semuanya luar biasa indah, dengan perairan jernih berwarna biru tua. Biota lautnya tak terhingga, hidup di antara terumbu karang yang terawat dan bekas-bekas reruntuhan kapal.

Keindahan alam Pulau Morotai tak hanya tercermin lewat bawah lautnya saja, tapi juga di daratannya. Hamparan pasir putih yang luas siap memanjakan mata siapa pun yang menginjakkan kaki di atasnya. Panorama matahari terbit dan tenggelam menjadi salah satu momen paling dinanti oleh wisatawan, yang rupanya masih jarang datang ke sana.

10. Labuan Bajo 



Labuan Bajo

Labuhan Bajo adalah sebuah labuhan kecil yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Tempat ini merupakan pintu gerbang menuju objek wisata terkenal yaitu Pulau Komodo dan pulau-pulau lainnya seperti Pulau Rinca atau Pink Beach. 

Nah itulah 10 Destinasi Wisata yang menjadi prioritas utama mendatangakan wisatawan mancanegara di tahun 2016 ini.


0 Response to "10 PRIORITAS DESTINASI WISATA INDONESIA 2016"

Posting Komentar