MENIKMATI SURGANYA DIVING DI PULAU MENJANGAN

Menikmati Surganya Diving Di Pulau Menjangan


Pulau Menjangan

AdeevaTravel-Jika Anda ingin menikmati surganya diving, Pulau Menjangan adalah tempatnya. Pulau kecil yang terletak 5 km dari pulau Bali ini merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Menjangan yang dalam bahasa setempat berarti Rusa atau Kijang dikarenakan pulau ini banyak dihuni oleh Rusa dan Kijang liar. Ditempat ini sudah sangat terkenal sebagai salah satu tempat Wall Diving terbaik di Pulau Bali.

Menurut News Discovery, Pulau Menjangan masuk sebagai 10 Besar Tempat Diving Terbaik Di Dunia.  

Pulau Menjangan

Pulau Menjangan adalah tempat yang sangat sempurna dari keindahan panorama bawah laut dengan hamparan pasir putih yang masih alami serta keanekaragaman biota laut yang sangat berlimpah.

Diving di Pulau Menjangan

Di tempat ini Anda dapat melakukan diving dan snoorkeling pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Tebing bawah laut Pulau Menjangan memiliki kedalaman 20 hingga 60 meter. Meskipun terkenal sebagai Wall Divingnya, Pulau Menjangan memiliki banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai dari 10 meter. Disini Anda akan banyak menemukan ikan jenis gorgonial fanfish. Kondisi perairan di Pulau Menjangan juga cukup tenang sehingga jarak panda Anda bisa mencapai 50 meter jika cuaca sedang bagus.

Diving di Pulau Menjangan

Pulau Menjangan ini dikelilingi oleh Terumbu Karang dengan berbagai formasi dan bentuk. Formasi batuan karang sedalam 60 meter ini membentuk gua-gua kecil dan gua-gua besar yang memiliki fungsi sebagai habitat asli terumbu karang seperti karang lunak, kerapu besar dan belut moray. 

Dasar laut Pulau Menjangan juga kaya akan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran yang lumayan besar. Di lokasi ini juga tempat spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut dan juga ikan Hiu. 

Di Pulau Menjangan juga terdapat beberapa spot andalan yang wajib Anda kunjungi seperti:

Eel Gardens


Diving Di Pulau Menjangan

Spot Eel Gardens ini terletak dibagian barat dari Pulau Menjangan yang juga merupakan spot terbaik yang ada di Pulau Menjangan. Di spot ini tempat berkumpulnya gardens eel dan sea fans. Sesuai dengan nama spotnya. Diving ditempat ini Anda bisa lakukan pada  kedalaman dinding karang sedalam 40 meter yang kaya akan gorgonia dan biota laut lainnya.

Secret Bay


Diving Di Pulau Menjangan

Secret Bay adalah lokasi yang sangat tepat buat Anda para pecinta macro diving. Perairan di spot ini cukup dangkal dengan berbagai jenis terumbu karang dan memiliki pasir berlumpur di dasar lautnya. Di pasir vulkanis ini hidup beberapa biota laut yang langka dan endemik. Di lokasi ini juga masih alami dan belum banyak terjamah.

Hanya dengan kedalaman 10 meter, Anda akan menjumpai nudibranch, frogfish, shrimpfish, seahorses, dragonets, pipefish, lionfish, udang laut, belut pita dan banyak lagi yang lainnya. 

Waktu yang tepat untuk menikmati surganya diving di spot Secret Bay adalah pada saat gelombang tinggi dan sirkulasi bulan berada pada posisi yang tepat 

Anchor Wreck



Anchor Wreck

Anchor Wreck adalah lokasi diving yang dianjurkan bagi para penyelam yang telah berpengalaman dan cukup profesional. Dengan kedalaman sekitar 45 meter, lokasi ini menawarkan keunikan bangkai kapal yang telah berkarat lengkap dengan jangkarnya. Menurut cerita, bangkai kapal ini adalah milik Belanda yang tenggelam pada abad ke-19 saat Perang Dunia II. Jika Anda menyelam ke dalam kapal ini, Anda akan menemukan peti dengan isi perabot-perabot dari bahan keramik yang telah ditumbuhi karang lunak. Bukan itu saja di spot ini Anda bisa menjumpai Penyu Laut atau Ikan Hiu yang sedang berenang.

Peta Pulau Menjangan

Saat terbaik untuk mengunjungi Pulau Menjangan adalah pada bulan April hingga bulan November. Mengingat Pulau Menjangan tidak berpenghuni serta minim akomodasi, bawalah bekal makanan dan minuman yang cukup, obat-obatan, sunblock dan kebutuhan lainnya. Siapkan alat pendukung penyelaman yang dapat Anda sewa di resort terdekat sebelum menuju Pulau Menjangan. 


sumber:aneka tempat wisata

1 Response to "MENIKMATI SURGANYA DIVING DI PULAU MENJANGAN"