Wisata Candi Gedong Songo Semarang - Jawa Tengah

Candi Gedong Songo

Kali Ini Akan saya share Wisata Candi Gedong Songo yang berada di semarang jawa tengah . Dari info tiket , peta , lokasi ,dan lain sebagainya dari wisata candi gedong songo berikut ini . langsung saja simak baik baik buat anda yang akan kesana , semoga bermanfaat gan .

Info

Taukah anda salah satu Candi peninggalan Hindu yang ada di Jawa Tengah? ya... Candi Gedong songo adalah Candi peninggalan Hindu . Candi ini terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia . Dan dari refrensi yang saya baca Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 . Dan tepatnya berada di lereng Gunung Ungaran . Di kompleks candi ini terdapat sembilan buah candi. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C)

Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.[Refrensi]

Sejarah 

Sejarah Candi Gedong Songo diawali pada tahun 1740 oleh Sir Thomas Stamford Raffles yang mengungkapkan. Pada saat itu Raffles hanya menemukan 7 buah bangunan candi sehingga dia menyebutnya dengan Candi Gedong Pitu, “pitu“ dalam bahasa Jawa berarti tujuh.

Van Stein Callenfels seorang arkeolog dari Belanda pada tahun 1908 – 1911 melakukan penelitian di lokasi kompleks candi ini dan kemudian menemukan juga 2 bangunan candi lain, sehingga total candi yang ditemukan menjadi 9 buah. Dengan ditemukannya 2 candi lain ini, maka lalu nama Gedong Pitu berubah nama menjadi Gedong Sanga.

Pada tahun 1928 – 1929 dilakukan pemugaran terhadap Candi Gedong I dan Candi Gedong II. Sedangkan pemerintah Indonesia sendiri melakukan pemugaran total terhadap Candi Gedong Songo antara tahun 1972 – 1982.

Lokasi Candi Gedong Songo




Refrensi :



  • ^ Prambanan, dari Mataram Kuno ke Indonesia Raya
  • 0 Response to "Wisata Candi Gedong Songo Semarang - Jawa Tengah"

    Posting Komentar